Pembinaan serta Silaturahmi Menjelang Bulan Ramadhan

Padalarang - Humas, Ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan hikmah, berkah, dan memiliki kedudukan yang agung di mata kaum muslimin. Hati merasa bahagia dan senang ketika Ramadhan akan datang. Semangat untuk berbuat baik dan melaksanakan ketaatan meningkat. Menggelora semangat dalam jiwanya yang diikuti badannya sehingga merasa ringan melaksakanan ketaatan dan meninggalkan kemungkaran.

Sehari sebelum Melaksanakan Bulan Puasa, para pejabat beserta staff Kementerian Agama Kab. Bandung Barat berkumpul di Mesjid Kemenag Kab. Bandung Barat untuk melaksanakan pembinaan dari kepala Kemenag Kab. Bandung Barat sekaligus berkumpul dan saling memaafkan sebelum melaksanakan Ibadah Puasa Esok hari.

Dalam acara tersebut Kepala menyampaikan bahwa menjelang bulan ramadhan, Kasi Bimas Islam beserta staff diminta menyusun jadwal bagi pegawai kemenag Kab. Bandung Barat yang dianggap mampu untuk memberikan Tausiah/Kultum selama bulan suci ramadhan. Tausiah ramadhan akan disampaikan usai melaksanakan shalat dhuhur berjamaah selama bulan ramadhan, dari hari Senin hingga Kamis di Mesjid Kankemenag Kab. Bandung Barat.

Kasi Bimas Islam, Drs. H. Usep Permana menjelaskan, gagasan untuk tausiyah dibulan ramadhan ini sudah kami jalankan 5 tahun terakhir semenjak berdirinya Kankemenag Kab. Bandung Barat.“ Jadwal tausiah dan pembacaan ayat Al-Quran ini telah kami susun dan informasikan kepada ybs, sehingga ybs sudah mengetahui jadwal dan mempersiapkan bahan yang akan disampaikan,” jelasnya.

“Manfaat yang bisa diperoleh dengan tausiah/kultum ini adalah untuk berbagi ilmu dan pemahaman agama sekaligus ladang amal bagi kita selama bulan ramadhan. Sampaikanlah meski hanya seayat, sudah cukup menggambarkan bahwa berbagi ilmu itu wajib hukumnya. Hal ini juga makin meningkatkan kesadaran bagi kita semua untuk terus menghidupkan shalat berjamaah serta pemahaman kita tentang kandungan Al- Quran,” ungkapnya. Arif