Belajar Yang Menyenangkan, MTsN 4 KBB Tambahkan Ekstrakurikuler Robotic Untuk Kembangkan Bakat Siswa

Cikalongwetan (Inmas Kab. Bandung Barat)

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Kabupaten Bandung Barat, Yadi Tembong Muayad mendukung bakat dan minat siswa dengan memeperkenalkan kegiatan yang mampu merangsang daya pikir anak dan kreativitas, yaitu pelatihan Robotik pada Rabu (7/2) di ruang kelas siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini adalah Workshop Introduce Stem Learning with make app The Beginning of Imagination. Ia mengatakan bahwa ekstrakurikuler  sebagai wadah dan kegiatan bagi siswa yang sangat diminati. 

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa baik kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotor. Selain itu, untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya yang positif. Tujuan kegiatan ekskul memberikan gambaran bagaimana karakter siswa dibangun secara baik.

 “ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi siswa karena, siswa dapat mengembangkat minat dan bakat melalui kegiatan tersebut. Siswa akan belajar banyak dari mulai organisasi sampai menyalurkan bakat mereka yang harus diasah terus menerus untuk pengembangan diri kedepannya.”pungkasnya 

Pengenalan Ekstrakurkuler Robotik bekerjasama dengan pengembang dari Make App. Dengan kegiatan Introduce Stem Learning With Make App merupakan Kegiatan CSR dari Pemerintah Korea Selatan yang dilaksanakan oleh Maromav Korea.  Kegiatan CSR berupa pemberian KIT Arduino serta Pelaksanaan Workshop bagi Siswa  di sekolah yang terpilih. 

“Dalam ini siswa dilatih menyusun coding untuk memecahkan tantangan-tantangan berupa traffic light ataupun mengeluarkan bunyi piano. Siswa tampak senang dan antusias mengikuti kegiatan tersebut, karena kegiatan ini memberikan pengalaman baru untuk mereka. Semoga kedepannya akan banyak kegiatan seperti ini lagi yang turut mendukung bakat dan minat siswa.”Tuturnya 


Kontributor: misiinurul/Inmas MTsN 4 KBB