Pengawas Madrasah, Dorong Transformasi dan Penguatan Literasi di MTsN 5 Bandung Barat

Saguling (INMAS, Kab. Bandung Barat)

Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Bandung Barat menyelenggarakan kegiatan Rapat Dinas yang dihadiri oleh Pengawas Bina Eulis Eva Kurniasari, M.Pd.I pada Rabu (8/5) bertempat di MTsN 5 Bandung Barat. Agenda yang dibahas pada rapat dinas bulan Mei 2024 adalah tentang program prioritas Kementerian Agama, program MTsN 5 Bandung Barat, tindak lanjut rapor pendidikan, Transformasi satuan pendidikan serta sosialisasi Asesmen Guru. 

'Transformasi literasi satuan pendidikan sesuai 5 indikator yaitu pendidikan berpihak kepada tumbuh kembang murid, satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis data, peningkatan hasil belajar murid terutama kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi, dan karakter, satuan pendidikan menjalin kemitraan dengan orangtua/wali, serta satuan pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif' ungkap Eulis

Eulis juga mengatakan agar satuan pendidikan dapat mengembangkan semua aspek dari 5 indikator itu semua pihak harus berperan aktif dalam menciptakan programnya. 

“apabila kita ingin memenuhi semua itu, kita harus bergerak bersama-sama dari hal terkecil, karena tidak mungkin merumuskan sebuah program tidak ada komitmen bersama termasuk dalam menerapkan Transformasi literasi di satuan pendidikan ini,” ujar Eulis.

Peran serta guru dalam mengelola pembelajaran, tambahnya, guru harus berfokus pada murid, selalu refleksi pada tanggung jawab sesuai kode etik profesi, harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta menguasai materi esensial.

Sementara itu Kepala MTsN 5 Bandung Barat Deni Sopiansyah melihat potensi lahan luas yang dimiliki MTsN 5 Bandung Barat untuk membuat pengembangan program madrasah Adiwiyata dan Agrobisnis untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap peserta didik.

'Kita sukseskan pula program prioritas Kementerian Agama dan juga kita bersama-sama wujudkan madrasah Adiwiyata dan Agrobisnis,' ujar Deni Sopiansyah.

Kontributor : Linda Risnawaty/Lutfi