Kakankemenag Tinjau Persiapan Lokasi Pemberangkatan Calon Jemaah Haji KBB

Padalarang (HUMAS, Kab. Bandung Barat)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung Barat Tedi Ahmad Junaedi didampingi Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Enjah Sugiarto meninjau lokasi Pusdikkav Padalarang yang akan menjadi tempat lokasi pemberangkatan awal Calon Jemaah Haji asal Kab. Bandung Barat pada Jumat (3/5). Tujuan dilakukan peninjauan lokasi tersebut adalah untuk memastikan kondisi lapangan dan kesiapan sarana di pusdikkav sebagai lokasi yang nantinya para CJH asal Kab. Bandung Barat di lepas menuju Embarkasi Jakarta-Bekasi. Hadir pada kegiatan tersebut Dari Pemda Kab. Bandung Barat, Unsur Dinkes KBB, Pusdikkav, Kepolisian, Pakar Utama, dan Ketua Forum dan para pimpinan KBIH se Kabupaten Bandung Barat.

“ ini kan nanti akan ditampung dulu calon jamaah haji ini disini di gedung ini sebelum diberangkatkan menuju ke embarkasi bekasi, jadi ini kita pastikan kesiapan sarananya apa saja yang belum atau kurang, nah nanti kita rapat mendengarkan juga kesiapan dari masing-masing unsur yang terlibat dalam pemberangkatan haji ini,” Ujar Kakankemenag.

Dalam peninjauan lokasi dan persiapan pemberangkatan haji tersebut sekaligus juga dilaksanakan rapat koordinasi teknis persiapan pemberangkatan. Dari masing masing perwakilan yang terlibat dalam proses pemberangkatan jamaah haji memberikan laporannya dalam rangka kesiapan pemberangkatan calon jemaah Haji tahun 2024 nanti.

Perwakilan dari Pusdikav Ali Imron menjelaskan kesiapan tempat dan rute di komplek, dari mulai pintu masuk dan keluar, pemberangkatan calon jemaah haji gelombang I & II, yang akan diberangkatkan dari pusdikav menuju embarkasi (asrama haji bekasi).

“kalau dihitung kami sudah membentuk tim untuk memaksimalkan nanti disini, untuk parkir ada sebagian dari provost mungkin yang bertanggung jawab mengarahkan, lalu ada ” Ujar Imron 

Perwakilan dari Tim Kesehatan melaporkan kesiapan dalam menyiapkan 1 mobil Ambulan dan Tim Medis serta perlengkapannya dan 1 mobil pendukung lainnya mengiringi perjalanan Rombongan calon jemaah haji ke embarkasi.

“Dari tim kesehatan kami menyiapkan satu mobil ambulan beserta dengan tim medis yang 1 dokter dan dua perawat yang akan standby diposko jaga pusdikkav, dan 1 lagi mobil ambulan yang nanti sama-sama akan berangkat dengan rombongan jemaah haji,” Ujar Tim Kesehatan 

Perwakilan dari PO Pakar utama melaporkan kesiapan armadanya untuk memberangkatkan calon jemaah haji dari pusdikkav menuju embarkasi bekasi dengan mempersipakan 12 Armada Bus. 

“Kami menyediakan armada sebagaimana yang di tetapkan oleh panitia yaitu 12 Armada Bis dan kita menyediakan armada Bus cadangan dibeberapa titik apabila Bus utama terkendala diperjalanan,” Ujar Perwakilan dari penyedia Armada Bus

Jumlah calon Jemah haji asal Kabupaten Bandung Barat yang akan berangkat pada tahun 2024 total seluruhnya adalah 1.181 baik itu calon Jemaah maupun petugas haji dan untuk pemberangkatan jemaah haji gelombang pertama kloter 10 akan di berangkatkan pada 15 Mei 2024. Selain itu Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Enjah Sugiarto mengatakan bahwa nanti acara kegiatan ceremonial di persingkat karena berkejaran dengan waktu pemberangkatan.

“kami titip kepada kepala KBIH dan juga mengimbau kepada jemaah untuk melepas rindunya dari sekarang-sekarang karena nanti di ring satu pusdikkav sudah steril pengantar jamaah haji yang diperbolehkan masuk hanya satu orang pengantar tidak bisa masuk semuanya,”ucap Enjah.

Kontributor : Lutfi