Penuhi Minat Membaca Anak, Kepala MIN 1 KBB Hadirkan Perpustakaan Keliling

Lembang (Inmas. Kab. Bandung Barat)

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kabupaten Bandung Barat Asep Pahrudin, hadirkan mobil perpustakaan keliling pada Kamis (28/3) di Halaman Madrasah. Asep mengatakan bahwa, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dispusipda) Kab. Bandung Barat mempunyai Layanan Perpustakaan Keliling. Maka dari itu, Ia menghadirkan Perpustakaan Keliling bertujuan untuk meningkatkan minat membaca peserta didik MIN 1 KBB. 

Menurutnya, perpustakaan keliling termasuk dalam rangkaian Sanlat Ramadhan 1445 H MIN 1 Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini disambut antusias oleh siswa-siswi. Adapun acara yang digelar pada kegiatan perpustakaan keliling berupa gelar buku, Sosialisasi Digital Library, Quis dan Pembagian Hadiah.

“Alhamdulillah antusias perpustakaan keliling disambut baik oleh siswa-siswi MIN 1 KBB. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sanlat. Di Bulan Suci Ramadhan ini, saya pinta kepada pendidik untuk memberikan berbagai kegiatan yang bermanfaat kepada siswa khususnya di Bulan Suci Ramadhan diisi dengan kegiatan yang lebih produktif dari hari biasanya.”Ucap Asep 

Asep mengatakan, dalam layanan perpustakaan keliling ada juga gelar buku dan juga sosialisasi Digital Library untuk memudahkan siswa dalam layanan perpustakaan, karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Asep juga menganggap bahwa, perpustakaan sebagai jantung madrasah memegang peran yang sangat penting dalam mendukung kesuksesan aktivitas pendidikan. Salah satu sarana yang sangat dibutuhkan adalah perpustakaan digital.

“pada kegiatan ini, siswa-siswa diberikan kesempatan untuk membaca koleksi buku yang ada di mobil perpustakaan keliling. Pendidik dan peserta didik juga diberikan sosialisasi digital library untuk meningkatkan budaya gemar membaca dan memberikan pemahaman kepada peserta didik akan pentingnya literasi. Literasi bukan hanya sekadar membaca buku bacaan semata, akan tetapi lebih luas dari itu ialah mengaplikasikan apa yang telah dibacanya.” Tuturnya

Lebih lanjut Asep Pahrudin mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut diadakan Quis setelah sosialisasi digital library dan gelar buku. Quis di berikan kepada siswa-siswa untuk mengetahui seberapa besar mereka menyimak apa yang telah di sosialisasikan oleh TIM Perpustakaan Keliling. Dan untuk meramaikan kegiatan tersebut, TIM Perpustakaan Keliling membagikan hadiah kepada siswa-siwa yang bisa menjawab Quis  dengan jawaban benar.

Kontributor: misiinurul/IfikFirdaus