UPKP dan UDIN Periode Oktober 2015

Untuk kedua kalinya di tahun 2015, Kemenag Kab. Bandung Barat ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan UPKP dan UDIN tingkat Prov. Jawa Barat untuk wilayah Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kab. Bandung, Kota Cimahi dan Kab. Bandung Barat. UPKP dan UDIN Periode Oktober 2015 yang dilaksanakan berdasarkan surat edaran Sekretaris Jenderal Kemenag Nomor B.II/4-c/KP.07.1/05710/2015 tanggal 09 Juni 2015 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dilingkungan kemenag, dalam hal pemahaman tentang misi dan struktur organisasi kemenag serta pemahaman tentang berbagai kebijakan dalam kaitan dengan pelaksanaan tugas pokok kemenag dan tugas pokok pejabat/pegawai yang bersangkutan. Sedangkan UPKP dimaksudkan untuk menggali apakah kepribadian, bakat dan minat yang dimiliki pejabat/pegawai yang bersangkutan telah sesuai dengan tingkat pendidikan/ijasah yang diperolehnya, menggali kemampuan aplikasi teori yang diperoleh selama proses pendidikan dalam pelaksanaan tugas PNS serta menggali pemahaman dan penghayatan PNS yang bersangkutan tentang kebijakan dan program serta perundang-undangan dalam kaitan dengan bidang tugasnya dan materi kode etik pegawai Kemenag.

Pelaksanaan UPKP dan UDIN Periode Oktober 2015 untuk wilayah Bandung Raya dilaksanakan di Kemenag KBB selama 4 (empat) hari dari tanggal 4-7 agustus 2015 bertempat di aula kemenag KBB. Untuk UPKP, ujian terdiri dari tes tertulis, tes kepribadian bakat dan minat, ujian selekta kapita (wawancara) dan seminar kertas kerja. Sedangkan untuk UDIN hanya meliputi ujian tertulis.

Adapun peserta UPKP terdiri dari 1 orang dari kemenag KBB, 2 orang dari Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat dan 2 orang dari kemenag Kota Bandung sedangkan untuk peserta UDIN hanya 1 orang yakni dari Kemenag Kab. Bandung Barat.

Kegiatan UPKP dan UDIN diakhiri dengan acara pembakaran naskah soal yang disaksikan oleh kepala Subbagian Tata Usaha Kemenag Kab. Bandung Barat, Drs. H. E. Nadzier Wiriadinata, M.M.Pd.