Bimsik Tahap Pertama Tingkat Kabupaten di Mesjid Agung KBB

Bupati Bandung Barat, dalam hal ini diwakili oleh Wakil Bupati membuka kegiatan Manasik Haji Tingkat Kab. Bandung Barat tahap pertama yang diselenggarakan oleh Kemenag Kab. Bandung Barat di Masjid Agung Bandung Barat, Senin (10/08). Acara tersebut akan diselenggarakan kembali pada tahap kedua pada tanggal 19 Agustus 2015. Hadir pada kesempatan itu Kakemenag Kab. Bandung Barat, Drs. H. Asep Ismail, M.Si, Kasi Haji Drs. H. Rahmat Hidayat, beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua MUI kab. Bandung Barat.

Wakil Bupati Kab. Bandung Barat, menyampaikan patut dipahami bahwa dalam rangkaian amalan ibadah Haji banyak makna yang bisa diambil menyangkut kehidupan  hari ini dan besok hari. Ia menilai bahwa semangat jajaran Kementerian Agama Kab. Bandung Barat menyelenggarakan kegiatan pada hari ini sejalan dengan semangat Ukhuwah Islamiyah membangun semangat kebersamaan antara Calon Jamaah Haji antara kelompok Bimbingan Ibadah Haji atau KBIH serta antar pembimbing Jamaah Haji. Hal ini tambahnya, sesuai dengan visi Agamis, bahwa keyakinan beragama menjadi landasan pengikat kebersamaan dalam seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Kepala Kemenag Kab. Bandung Barat, memandang perlu penyelenggaraan manasik haji. Menurutnya,  melalui Manasik Haji ini para calon Jamaah dapat memahami tata cara pelaksanaan Ibadah Haji. Dengan keikut sertaan dalam Manasik ini nantinya para calon Jamaah Haji dapat menjadi Jamaah Haji yang Mandiri. Oleh karena itu, kesempatan pelatihan Manasik Haji ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah, dengan adanya berbagai metode pelatihan yang diberikan, para calon Jamaah Haji nantinya tidak terlalu tergantung pada ketua kloter, pembimbing ibadah maupun ketua rombongan. “Tentunya kita berharap ke depan pembinaan di bidang keagamaan di Kab. Bandung Barat akan semakin baik.” Demikian ia mengungkapkan harapannya. Arif