Tampil Pede, Penegak MAC Persembahkan Tarian Zapin Melayu di Acara BNNK Bandung Barat

Penegak MAC, ikut memeriahkan acara Diskusi Panel tentang  Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan , dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang  diselenggarakan BNNK Bandung Barat bekerja sama dengan Kwarcab Gerakan Pramuka KBB di Ballroom Gedung B lantai 4 Pemda Bandung Barat, Jum'at 2024.

Acara ini merupakan Rangkaian Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024,secara resmi dibuka oleh Ketua BNNK Bandung Barat Kombes Pol M Yulian S, SH, M.Si.

Penegak MAC yang didampingi oleh pembina Pramuka Putri Cunayawati tampil pede menari Zapin Melayu, dengan berbalut pakaian khas Melayu warna kuning emas. 

Cunayawati sebagai pembina putri mengatakan anak-anak latihan hanya satu minggu, tapi bisa tampil pede. Dengan berolah gerak dari belajar menari membuat mereka  merasa percaya diri sehingga berdampak baik pada motivasi untuk selalu belajar.

Selain itu, menurutnya tarian daerah merupakan kesenian yang harus dikembangkan dan dipertahankan agar tidak punah oleh tarian-tarian modern yang bermunculan, karena tidak semua siswa bisa menghargai kesenian tradisi.

Rachmat Syaefuddin selaku Kepala Madrasah Aliyah Cikande terus mendorong siswa siswinya untuk mengasah minat dan bakat melalui kegiatan- kegiatan baik di MA Cikande maupun kegiatan di luar Madrasah seperti di kegiatan Pramuka Kwarcab Bandung Barat maupun di BNNK Bandung Barat.

' Saya sangat mendukung proses pembelajaran yang mengasah minat dan bakat siswa madrasah,oleh karena itu saya selalu mengapresiasi siswa siswi MAC yang berpartisipasi kegiatan di luar'

Penegak yg terdiri dari 6 siswi yaitu Indri, Asror, Susi, Syifa, Sani dan Novita, Dua dari mereka Asror dan Indri adalah sebagai penyuluh cilik/penyuluh teman sebaya yang telah dididik selama sebulan oleh BNNK Bandung Barat.

Menurut salah satu pemateri dr BNNK Eka Suryana, S.Sos melalui penyuluh teman sebaya inilah diharapkan bisa memberi pengaruh positif kepada rekan-rekannya untuk sama-sama mencegah peredaran narkoba dan bisa mengajak untuk rehabilitasi bagi yang sudah terlanjur,‘’ ujarnya di hadapan para peserta diskusi panel. (StH)