Kasubbag TU: Tingkatkan Kompetensi Pedagogik Serta Profesionalisme Melalui AKGTK

Cililin (Humas Kab. Bandung Barat) 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat, Muchamad Ikbal melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Asesmen Kompetesi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2024 pada Selasa (25/6/24) di MTsN 2 Kabupaten Bandung Barat. Ikbal mengatakan bahwa hasil dari pelaksanaan asesmen ini harus menjadi acuan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik serta profesionalisme pendidikan yang lebih terarah, sistematis dan akuntabel. Ia berharap, semua peserta dapat memenuhi standar keprofesian pendidik yang inovatif dan berkualitas.

Menurutnya, kompetensi pedagogik ialah menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Ikbal mengatakan bahwa pendidik dituntut untuk menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Maka dari itu, Ia berharap dengan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan semua peserta yang mengikuti mendapatkan hasil yang maksimal. 

“Semoga para peserta Asesmen mendapatkan nilai yang memuaskan dan memenuhi standar nilai keprofesian pendidik yang inovatif serta berkualitas. Dengan Asesmen ini juga saya berharap pendidik mampu mengebangkan ilmu Pendidikan terhadap pesera didik. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran.”pungkas Ikbal

Selain itu, Ikbal mengatakan bahwa Asesmen kompetensi ialah penilaian terhadap kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah sebagai acuan untuk penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan. Sebelumnya Guru dan Tenaga Kependidikan akan dilakukan pembinaan dan pengembangan profesi guru agar lebih meningkat keprofesionalisme Melalui Asesmen Kompetesi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun (AKGTK). 

“Nanti dari hasil Asesmen akan ditindaklanjuti ke Pembinaan dan pengembangan profesi guru yang dapat dilakukan secara efektif jika berbasis pada hasil pemetaan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan madrasah. Selanjutnya pemetaan hasil asesmen kompetensi digunakan sebagai dasar program pengembangan keprofesian berkelanjutan.”ucap Ikbal

Lebih lanjut Ikbal menambahkan, manfaat asesmen kompetensi juga sebagai bahan refleksi tentang kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru, kompetensi manajerial, supervisi pembelajaran bagi kepala madrasah serta supervisi manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan serta penelitian dan pengembangan bagi pengawas madrasah, dan kompetensi bidang keahlian serta keterampilan bagi tenaga kependidikan.


Kontributor: misiinurul