Kunjungi Pelaksanaan AKGTK, Tedi Harapkan Dampak Positif Pendidikan Madrasah

Ngamprah (Humas, Kab. Bandung Barat)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung Barat, Tedi Ahmad Junaedi melaksanakan monitoring dan evaluasi Asesmen Kompetesi Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2024 pada Selasa (25/06/2024) di TAK MTs Riyadlul Huda Ngamparah. Tedi berharap dengan adanya asesmen ini, diharapkan para guru dan tenaga kependidikan madrasah dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan Madrasah.

Berdasarkan Juknis Dirjen Pendis Nomor 1176 Tahun 2024 Tujuan adanya AKGTK ini adalah untuk memperoleh data kompetensi pedagogik dan profesional guru madrasah, Memperoleh data kompetensi manajerial, supervisi pada guru dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan kepala madrasah, evaluasi penelitian serta pengembangan bagi Pengawas Madrasah.

“Asesmen sangat penting. Pasalnya, guru perlu dipetakan kompetensinya guna memastikan bahwa mereka memiliki profesionalisme yang baik,” Ujar Tedi.

Lebih lanjut Tedi mengatakan selain menjadi acuan untuk mendapatakan data yang akurat untuk pemetaan, juga sebagai bahan untuk  penyusunan kebijakan dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan.

“selain itu tidak hanya sebagai pemetaan, tetapi juga sebagai acuan pembinaan terhadap guru dan tenaga kependidikan madrasah di masa depan, seperti penyusunan kebijan PKB' Ujarnya.

AKGTK bukan hanya menjadi sebuah acara rutin, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

'Dengan fokus pada pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di madrasah, perluasan peningkatan SDM guru dan tenaga kependidikan bisa tercapai, serta saya harapkan dengan adanya asesmen ini bisa membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan kita, guru dan tenaga kependidikan di Madrasah khusunya' pungkasnya.

Kontributor : Lutfi