KSM Tingkat Kabupaten, MTsN 5 Bandung Barat Menjadi Salah Satu Tilok

Saguling (Inmas Kab. Bandung Barat)

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah. Sejak awal digelar tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi. Pada tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. 

Kompetisi Sains Madrasah 2024 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat) secara daring. Pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten/Kota berlangsung pada tanggal 1 sampai dengan 3 Juli 2024, dan berlokasi di 7 titik. MTsN 5 Bandung Barat ditunjuk sebagai salah satu madrasah tempat penyelenggara KSM tingkat Kabupaten Bandung Barat tahun 2024. 

Kepala MTsN 5 Bandung Barat, Deni Sopiansyah  mengatakan bahwa ia bersama guru dan tenaga kependidikan sudah mempersiapkan apa yang dibutuhkan pada pelaksanaan kegiatan KSM. Deni juga mengatakan bahwa pihak madrasah sudah memfasilitasi sarana prasarana dengan maksimal. 

'MTsN 5 Bandung Barat bangga telah dipilih menjadi salah satu tempat lokasi KSM dan kami memastikan adanya jaringan internet yang baik serta ketersedian perangkat yang cukup bagi para peserta,' ucap Deni.

Menampung sebanyak 112 peserta jenjang MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA. KSM hari pertama dibagi ke dalam 3 sesi. Sesi 1 (individu) MA/SMA mata pelajaran (mapel) Matematika yang diikuti oleh 7 peserta MA/SMA dan mapel Biologi yang diikuti oleh 4 peserta. Sementara untuk sesi 2 (individu) diisi oleh jenjang MA/SMA mape Fisika yang diikuti oleh 4 peserta MA/SMA, mapel Kimia yang diikuti oleh 3 peserta, dan MA/SMA beregu mapel Sosial Sains Terpadu yang diikuti oleh 3 regu. Sedangkan pada sesi 3 (individu) diisi oleh mapel MA/SMA Ekonomi dengan 6 peserta, mapel MA/SMA Geografi dengan7 peserta.

Deni berharap kepada para peserta yang mengikuti kompetisi Sains Madrasah dapat mengikuti kompetisi dengan baik dan lancar.

'Kami berharap para peserta dapat mengikuti KSM dengan baik, penuh konsentrasi dan tanpa kendala,' ujar Deni

Kontributor: Linda Risnawaty/Netty