Workshop IKM, Kakankemenag Ajak Guru Kompak Dalam berinovasi

Cililin (Humas, Kab. Bandung Barat)

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandung Barat menggelar workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Kegiatan ini berlangsung di MTsN 2 Bandung Barat-Cililin pada Kamis (11/07/2024). Workshop yang diikuti oleh semua guru dari mata pelajaran agama dan umum di MTs Negeri 2 Bandung Barat ini, dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung Barat, H. Tedi Ahmad Junaedi didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) H. Deden Syarip Hidayatulloh. Dalam sambutannya Kakankemenag meminta setelah ini guru harus kompak menciptakan inovasi untuk mengembangkan karakter siswa yang berprestasi. 

“Hari ini bapak ibu mudah-mudahan mempunyai energi yang baru mempunyai energi yang lebih baik lagi sehingga MTs Negeri 2 Bandung Barat tidak lagi berprestasi dalam jumlah siswa tapi juga berprestasi dalam bidang studi siswa. Rekan-rekan guru yang masih panjang usia kerjanya silahkan munculkan inovasi-inovasi untuk mengembangkan dan memajukan MTsN 2 Bandung Barat,”Ujarnya.

Kakankemenag juga mengingatkan kepada para guru harus fokus dan total mendampingi peserta didik dalam pembelajaran, pembentukan, dan pengembangan karakter. Guru harus melatih peserta didik bernalar kritis dan keterampilan hidup dengan cara yang lebih kreatif sesuai kebutuhan peserta didik di eranya.

“Karena itu, guru tidak boleh berhenti meningkatkan kapasitas diri. Diharapkan para guru secara bergotong-royong, dengan semangat berbagi, perlu bergabung bersama komunitas-komunitas pendidikan untuk mengasah kompetensi dan memperluas wawasan terkini demi memberi layanan terbaik kepada peserta didik,” Ujar Kakankemenag. 

Selain itu ia juga menekankan untuk kegiatan Workshop ini tidak hanya sukses diajang seremonial namun dalam pelaksanaannya nanti harus menghasilkan siswa yang mempunyai karakter yang baik dan siap untuk berkompetisi.

“Saya ingin dengan kegiatan ini tidak sukses dengan seremonial, tapi sukses dalam pelaksanaannya, serta harus ada rumusan bagaimana peningkatan perbaikan di MTsN 2 Bandung Barat ini. Terimakasih kepada Guru yang telah hadir hari ini walaupun dihari libur tetap mengikuti workshop, ikuti sampai akhir agar ilmu yang didapat bisa di implementasikan,”Pungkas Kakankemenag.

Kontributor : Lutfi