Pendistribusian Koper Jemaah Haji Kloter JKS-46, PPIHD Pastikan Tidak Ada Salah Penerima

Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat untuk kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 termasuk pendistribusian koper Jemaah haji. Sebanyak 433 koper Jemaah haji yang tergabung dalam Kloter JKS-46 telah mendarat di Debarkasi Jakarta-Bekasi pada Minggu (14/7/2024) dini hari. Koper ini akan didistribusikan langsung kepada keluarga Jemaah haji di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikkav) Padalarang.

Koper dipastikan akan datang terlebih dahulu dibandingkan Jemaah haji. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat, Tedi Ahmad Junaedi, menyatakan bahwa hal tersebut bertujuan supaya saat Jemaah haji tiba di Pusdikkav, koper Jemaah sudah terdistribusi ke pihak keluarga. 'PPIH Daerah wajib memastikan keluarga yang mengambil koper Jemaah adalah mereka yang memiliki tanda khusus pengambilan koper, sehingga tidak ada koper hilang atau diterima oleh orang yang salah', ujar Tedi.

Mulai tahun 1445 H, selain PPIH dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat dan pihak Pusdikkav, dalam pendistribusian koper juga melibatkan Satuan Karya Amal Bhakti Kabupaten Bandung Barat.

'Alhamdulillah partisipasi kami dalam pendistribusian koper Kloter JKS-46 ini adalah kedua kalinya kami dilibatkan dalam kegiatan ini', ucap Seproni Hidayat, ketua Pinsaka Amal Bhakti Kabupaten Bandung Barat.

Dilibatkannya Saka Amal Bhakti dalam kegiatan pemulangan Jemaah haji tentunya sangat sesuai dengan tujuan berdirinya Saka ini, yaitu untuk mengamalkan nilai-nilai agama.

'Setiap gerakan pramuka di lembaga pendidikan agama, terutama madrasah, harus menerapkan prinsip-prinsip agama. Kegiatan ini tentunya mengajarkan para anggota Saka Amal Bhakti tentang prinsip tolong menolong dan bekerjasama dalam kebaikan', ujar Seproni.

Kontributor: Netty