Enam Siswa MAC Dikukuhkan Menjadi Duta Hukum HAM Jawa Barat 2024

2.410 siswa dikukuhkan menjadi Duta Hukum HAM Jawa Barat, Enam diantaranya adalah siswa MA Cikande (MAC). Senin (22/07/2024)

Acara ini dilaksanakan di Bale Asri PUSDAI Jawa Barat yang dihadiri oleh berbagai pejabat penting termasuk plh. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Jawa Barat Dr. dr. H. Dodo Suhendar, MM.

Siswa-siswa yang terpilih menjadi Duta Hukum dan HAM ini telah melaksanakan serangkaian asesmen, pembekalan dan penguatan mengenai Hukum dan HAM selama beberapa bulan. Mereka diharapkan menjadi agen perubahan dalam menyebarkan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum dan HAM kepada teman sebaya, keluarga dan masyarakat.

Ketua penyelenggara sekaligus Ketua Harian Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM Jawa Barat Ida Suciati Mandirisari, M.Pd menyampaikan bahwa pengukuhan Duta Hukum HAM ini merupakan upaya FPSH untuk mewujudkan generasi muda yang mandiri dan berkarakter.

Kepala MA Cikande (MAC) Rachmat Syaefuddin, S.Ag mengapresiasi dan sangat bangga dengan enam siswa MAC yang dikukuhkan karena mereka bisa melaksanakan asesmen dengan baik sehingga bisa lolos menjadi Duta Hukum HAM Jawa Barat dan bergabung dengan berbagai siswa terpilih yang ada di Jawa Barat.

Beliau menyampaikan; Kami setiap tahunnya selalu mengutus siswa dan berpartisipasi dalam pemilihan Duta Hukum HAM Jawa Barat, supaya mereka mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang lebih dalam Hukum dan HAM dan bisa berperan aktif dalam penegakan Hukum HAM baik itu disekolah, rumah dan masyarakat' ujarnya. Dan berharap siswa MAC yang telah dikukuhkan menjadi Duta Hukum HAM Jawa Barat bisa menjadi tauladan yang baik kepada teman-temannya di MAC, serta bisa memberikan pemahaman tentang hukum dan HAM. Sebagai duta Hukum dan HAM bisa memberikan pemahaman tentang betapa pentingnya melaksanakan tata tertib yang berlaku baik disekolah, dirumah maupun dimasyarakat'. *(StH)*