Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Tedi : Hasil Implementasi Dari Pelatihan Harus Terukur

Cipongkor (Humas, Kab. Bandung Barat)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat H. Tedi Ahmad Junaedi, M. Si, menghadiri Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Kelompok Kerja Guru (KKG), 047, 048, 049, 106, pada Rabu (7/08/2024) di MIS Cicangkanghilir II. Dalam pemaparannya Tedi mengatakan hasil implementasi dari Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini harus terukur.

“Ukurannya adalah output dari murid-murid kita itu lebih baik secara kualitas dan lebih banyak muridnya secara kuantitas. Kalau saja Bapak dan Ibu mengikuti kegiatan ini sekedar hadir saja yang penting dapat sertifikat ini tidak akan berarti apa-apa untuk kedepannya. Karena hasilnya bukan penambahan wawasan bukan penambahan ilmu. Harusnya target utamanya adalah apa yang disampaikan oleh para tutor, fasilitator, narasumber hal-hal yang baru kita kembangkan untuk kemajuan Madrasah,”Ujar Tedi.

Ia juga mengatakan, sejarah Madrasah adalah lembaga yang kurang dilirik oleh masyarakat dibandingkan dengan sekolah umum. sulitnya menampung siswa akibat ketidak percayaan masyarakat dan pengelolaan yang tidak berpikir mengembangkan dan melahirkan inovasi.

“ tapi hari ini jangan coba-coba mengecilkan Madrasah, karena sejak Tahun 2003 regulasi tentang pendidikan itu di sejajarkan dengan sekolah-sekolah umum. Terlihat di Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, artinya tidak adalagi diskriminasi tentang pengelolaan pendidikan tinggal kita berpikir bagaimana supaya madrasah ini maju,” Ujarnya.

Tedi juga menghimbau bahwa Madrasah Ibtida’iyah kini tidak kalah juga dengan sekolah umum asal kita mau bersama-sama berpikir dan menciptakan inovasi seperti mempublish kegiatan-kegiatan pembiasaan Madrasah, siswa –siswi berprestasi.

Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini diikuti oleh para Kepala Madrasah berjumlah 14 orang dan guru berjumlah 61 orang dari jenjang Madrasah Ibtida’iyah se- KKMI Cipongkor Kabupaten Bandung Barat.    

Kontributor : Lutfi