Tingkatkan Kompetensi Guru, Kakankemenag Pinta Ikuti Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dengan Sebaik-baiknya

Cipongkor (Humas, Kab. Bandung Barat)

Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini adalah perjuangan dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang terus melakukan koordinasi dengan Word Bank dan resmikan dengan Program Madrasah Reform, tujuannya adalah untuk meningkatkan ke profesian sebagai para guru. Hal ini di paparkan oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bandung Barat dalam kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Ibtida’iyah Kabupaten Bandung Barat Kelompok Kerja Guru (KKG) 045, 046, 0109, dan 0110 pada Rabu (07/08/2024) bertempat di MIS Attarbiyah Babakan Kecamatan Cipongkor. Ia juga mengatakan hasil dari peningkatan keprofesian ini harus ada output dan value yang jelas terhadap murid-murid kita di Madrasah.

“output yang diperlukan dan diharapkan oleh anak-anak kita selain menyandang walladun solihun yad ula ia juga berprestasi di bidang akademik, ukuran prestasi akademik dan terpublish diantaranya adalah anak-anak kita berprestasi di berbagai bidang perlombaan contohnya kompetisi sains madrasah,” Ujar Kankemenag.

Sementara itu, Ia menyebut, guru dituntut untuk cerdas secara spiritual, cerdas secara emosional dan sosial, serta cerdas secara intelektual, sehingga menjadi guru ideal, yang punya kualifikasi, komitmen dan bertanggung jawab, serta memiliki kompetensi sebagai pendidik.

“Menghadapi era global, peran guru tidak hanya sebagai wahana transfer ilmu pengetahuan, tetapi sebagai penghasil sumber daya manusia seutuhnya,” Ungkap Kakankemenag.

Arah pembangunan bidang pendidikan madrasah mampu menghasilkan lulusan yang islami, unggul dalam ilmu pengetahuan, bersikap mandiri, dan berwawasan kebangsaan, dengan proses penyelenggaraan yang bertumpu pada prinsip good governance dan pemberdayaan masyarakat agar sanggup menyediakan layanan pendidikan bagi seluruh masyarakat indonesia.

“Memotivasi guru agar memiliki komitmen melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai tenaga profesional, memperkuat ciri khas keagamaan dan life skills sebagai faktor keunggulan satuan pendidikan Islam. Melalui program PKB dapat memfasiltasi guru untuk terus meningkatkan kompetensi sesuai profesinya,” Ujarnya.

Selain itu ia juga berharap, pengembangan ini dimanfaatkan dengan baik untuk menambah ilmu bagi para guru dan dapat di Implementasikan kepada rekan guru yang belum dapat kesempatan mengikuti pelatihan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

“saya berharap bentuk dukungan pemerintah terhadap program pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru ini dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para guru demi meningkatkan kompetisi guru yang lebih profesional lagi, jangan hanya menjadi partisipan saja, namun harus bisa mendapatakan ilmunya kemduian memberikan pencerahan juga kepada rekan-rekan yang belum punya kesempatan untuk mengikuti peningkatan pengembangan ,” Tandasnya

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pokjawas Titin, dan Ketua KKG Kec. Cipongkor Zaenal Arifin serta para peserta dari Kepala Madoprasah, dan Para Guru se Kec. Cipongkor Kab. Bandung Barat.

Kontributor : Lutfi