Peringati Pramuka Ke-63, Kamad MAN BB: Ajak Seluruh Siswa Amalkan Dasa Darma

Cililin (Inmas Kab. Bandung Barat)

Madrasah Aliyah Negeri Bandung Barat memperingati Upacara HUT Pramuka Ke-63 pada Rabu (14/8/24) di Lapangan Upacara MAN Bandung Barat. Dalam amanatnya Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung Barat, Ali Mursid menyampaikan kepramukaan merupakan salah satu ruh keberlangsungan KBM di MAN Bandung Barat. Hal ini terlihat dari makna yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka. 

'Jika nilai-nilai yang terkandung dalam dasa darma tersebut diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran, maka siswa akan menjadi generasi yang memiliki 2 kemampuan sekaigus, yaitu kemampuan akademik dan keterampilan (lifeskil) sebagai bekal untuk menjawab tantangan kehidupan dimasa mendatang', ucap Ali.

Dalam kesempatan tersebut, Kamad juga menyampaikan tentang kiat sukses dalam belajar dan meraih prestasi. 

'Sebagai pelajar yang memiliki jiwa pramuka, maka kalian siswa-siswi harus menjadi generasi sukses. Agar menjadi sukses, ada 4 tips untuk  dilakukan, yaitu : 1. Tumbuhkan jiwa kritis terhadap semua persoalan, ini penting agar menjadi generasi yang memiiki Kritikal Tinking. 2. Bangun dan tumbuhkan jiwa kreatif, artinya sukses tidak hanya milik mereka yang memiliki nilai pengetahuan tinggi, namun lebih dari itu, mereka harus memiliki kreatifitas tinggi agar selalu uptudate dalam mengikutiKi perkembangan zaman. 3. Bangun kolaborasi dengan membangun relasi sangatlah penting bagi generasi muda. Dengan adanya relasi yang baik, maka kesempatan untuk sukses akan lebih mudah. Dengan kolaborasi juga generasi muda akan lebih tertantang untuk berkompetisi. 4. Bangun Komunikasi agar membentuk karakter siswa memiliki kemampuan untuk membangun relasi yang baik, sehingga kunci sukses yang terakhir adalah berkomunikasi dengan baik dan efektif. Itulah tips dengan semangat kepramukaa yang saya harap bisa diterapkan oleh kalian', lanjut Ali.

Diakhir amanatnya Kamad berharap kepada siswa-siswi dalam momentum HUT Pramuka untuk selalu semangat dan siap  menuju Indonesia Emas.

'Saya berharap, momentum HUT Pramuka ini menjadi semangat baru untuk kalian para generasi emas yang akan menghadapi 2045, menuju Indonesia Maju tentunya dengan karakter dan kesiapan kalian dimuai dari hari ini agar siap untuk menghadapinya' tutup Ali.

Ali Akbar/Netty