MIN 1 Bandung Barat Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Lembang (Humas, Kab. Bandung Barat)

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bandung Barat menggelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di Ruangan Kelas MIN 1 Bandung Barat, Kamis (12/09/2024). Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 sd 16.00 WIB dihadiri kepala madrasah dan para tenaga pendidik. 

Dalam sambutannya Kepala MIN 1 Bandung Barat Asep Pahrudin mengatakan, diadakannya pelatihan kurikulum merdeka bagi tenaga pendidik MIN 1 Bandung Barat untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dalam proses pembelajaran dan sikap mental tenaga pendidik untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan standar kompetensinya dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di madrasah. 

“Hari ini kami mengundang para guru untuk bersama-sama lebih meningkatkan keahlian, keterampilan para guru melalui pelatihan IKM. Saya harap guru di MIN 1 Bandung Barat dapat mengimplementasikannya didalam proses pembelajaran dan betul-betul mempunyai sikap mental tenaga pendidik yang dapat melaksanakan tupoksi sesuai dengan standar kompetensinya,”ungkapnya.

Kamad Asep juga menjelaskan Kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama membedah dan Praktek Membuat dokumen Capain Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).  Dan sesi kedua para guru akan diberikan materi merancang strategi pembelajaran dan Asesmen.

“Pertama para guru Membedah CP dan Praktek membuat CP dan ATP, kedua Merancang Strategi pembelajaran dan Asesmen,” jelasnya.

Dikutip dari laman kemendikbud, Capaian Pembelajaran atau (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase Fondasi pada PAUD, CP ini memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Sedangkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase pembelajaran. 

Lebih lanjut Kamad berharap “guru MIN 1 Bandung Barat melalui pelatihan ini, memiliki tekad kuat dalam memberikan layanan terbaik bagi peserta didik dalam proses belajarnya agar kompetensi & karakternya sesuai Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin,” pungkas Asep.

Adapun narasumber kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka ini disampaikan oleh Deni Komarudin, M.Pd (Instruktur Nasional Sekolah Penggerak/Nara Sumber Nasional Kurikulum Merdeka). 

Deni mengatakan, pelatihan ini memberikan pemahaman yang holistik bagi para guru MIN 1 Bandung Barat, agar memiliki pemahaman yang utuh terhadap implementasi Kurmer tentang bagaimana merancang strategi pembelajaran dan yang tidak kalah penting dari inhouse training/pelatihan ini adalah memberikan penguatan pada Guru MIN 1 Bandung Barat sehingga memiliki tekad kuat untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi peserta didik (siswa) dalam proses belajarnya agar kompetensi dan karakternya yang sesuai dengan profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajara Rahmatan Lil Alamin dapat tercapai secara optimal.


Kontributor : Ifikfirdaus / Lutfi