Maman Abdurahman, S.Ag Penyuluh Teladan Peringkat IV Tingkat Jabar 2015

Dalam Seleksi Penyuluh Teladan Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Wisma Pandawa Kementerian Sosial RI , Cimbuleuit Bandung  pada  tanggal 08 s/d 10 September 2015, Maman Abdurahman, S.Ag, Penyuluh Agama Fungsional Kecamatan Cipatat  yang mewakili Bandung Barat berhasil meraih Peringkat ke IV ( Harapan 1 ) pada Pemilihan Penyuluh Teladan Provinsi Jawa Barat tahun 2015  , dengan Program Unggulan Karya Tulis “Peran Penyuluh Agama Mendorong Majalis Taklim Meningkatkan Sikap Keagamaan Pekerja Seks Komersial (PSK) Di warung Remang-remang Cibogo Indah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat” .

Pada Babak Penyisihan Bandung Barat, Maman sempat berada pada peringkat 1 (satu)  melalui  2 aspek  penilaian, 65% dari Portopolio dan Kinerja Penyuluh, 35 % dari Karya Tulis dengan nilai 82,73. Pada babak Final, penilaian 100 % didasarkan pada karya tulis  melalui presentasi dan pertanyaan Tim Penilai yang diketuai oleh  Prof Dr Asep Saepul Muhtadi,MM.  Hasil akhirnya adalah  Juara 1 Kota Depok, Juara 2 Kabupaten Garut, Juara 3 Kabupaten Cianjur, Juara harapan 1 Kabupaten Bandung Barat, Juara harapan 2 Kota Bandung dan Juara Harapan 3.Kabupaten  Sumedang. Juara 1 Berhak mewakili Jawa Barat di Ajang Penyuluh Teladan tingkat Nasional

“Program unggulan yang dijadikan karya tulis tersebut dilatar belakangi oleh  masih berlangsungya kegiatan prostitusi di warung remang-remang Cibogo indah Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, yang merupakan wilayah binaan Penyuluh Kecamatan Cipatat. Saya melakukan proses penelitian sejak tahun 2014 hingga 2015 melalui observasi dan proses wawancara langsung dengan para PSK dan pemilik warung. Ditengah proses penelitian diwilayah warung remang-remang tersebut berlangsung pula proses pembangunan Masjid At Taubah yang digagas atas dasar kondisi sosial ekonomi  dan dalam rangka meningkatkan aktifitas keagamaan yang ada di wilayah tersebut.  Masjid tersebut telah diresmikan oleh Gubenur Jawa Barat pada tanggal 28 Agustus 2015. Dan masjid At Taubah menjadi sentral pembinaan masyarakat sekitar termasuk para PSK  yang ada di warung remang-remang Kp Cibogo indah kecamatan Cipatat dengan kegiatan Majelis Taklim”, tutur Maman Abdurahman.  

Pemilihan Penyuluh teladan Tingkat Provinsi ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan untuk mencari sosok penyuluh agama terbaik yang bisa mewakili Jawa Barat di ajang pemilihan Penyuluh teladan Tingkat Nasional. Kegiatan ini juga sebagai ajang pembuktian kompetensi penyuluh saat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menyampaikan program pembangunan pemerintah melalui bahasa agama diwilayah binaannya . Selain itu ajang ini juga merupakan pesta dan silaturahmi penyuluh agama sejawa Barat. Perlu diketahui, jelas Maman, bahwa pada ajang sebelumnya penyuluh KBB pernah meraih peringkat ke 6 ( H.anwar Munawar, S.Ag) dan 10 Besar ( atas nama  Komariah Badriah, S.Ag ) di ajang yang sama.

Selamat kepada Maman Abdurahman, S.Ag atas dedikasi dan perjuangannya membawa nama baik Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat  di pentas Pemilihan Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2015. Semoga Prestasi tersebut dapat memberikan motivasi bagi peningkatan  kualitas kinerja para penyuluh agama Kabupaten Bandung Barat kedepan. Akhirnya semoga Bandung Barat dapat melahirkan kembali potensi-potensi terbaik putra-putri  daerah asli Kabupaten Bandung Barat dalam ajang penyuluh teladan.   ( pokjaluh Kemenag KBB)