Yuyun Yuniarsih Duta KBB Pemenang Ajang Apresiasi GPAI Jenjang SMA/SMK Tingkat Jabar 2015

Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian dan keterampilan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agamanya. Peran pendidikan agama sangat signifikan dalam membentuk generasi bangsa yang beriman, cerdas, kreatif, dan berkarakter dan berakhlak mulia. Dalam konteks itulah peran Guru Agama sangat dirasakan oleh semua. Oleh karena itu apresiasi terhadap dedikasi Guru PAI adalah sebuah keharusan sebagaimana diungkapan dalam PP nomor 74 tahun 2008 tentang Guru: Pasal 30 ayat (1) ditegaskan “Guru memiliki hak untuk mendapatkan penghargaan sesuai dengan prestasi kerja, dedikasi luar biasa dan/atau bertugas didaerah khusus’

Berdasarkan pemikiran diatas, Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI menyelenggarakan Pemberian Apresiasi kepada Guru PAI Tahun 2015 pada semua jenjang pendidikan, meliputi :TK, SD, SMP, SMA, SMK.  Menindaklanjuti Apresiasi GPAI TK, SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2015 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tersebut, Kanwil Kemenag Prov.Jabar mengadakan penyeleksian ditiap Kemenag kab/kota se-Jawa Barat.

Sesuai kuota yang ditetapkan oleh kanwil kemenag bahwa setiap Kemenag Kab/Kota hanya berhak mengajukan 2 orang peserta, Kemenag KBB pun mengirimkan 2 orang peserta, yaitu Lilis Supartini, MPd dari SDN Selakuning Cikalongwetan dan Yuyun Yuniarsih dari SMK Bandung Barat Ngamprah. Dua peserta terpilih tersebut diharuskan mengirimkan berkas portofolio berikut berbagai prestasi yang dimiliki sebagai persyaratan  peserta Apresiasi GPAI Tahun 2015 dan kemudian dilanjutkan dengan  tes wawancara.

Dari seluruh peserta se Jabar tersebut akhirnya terpilih 2 (dua) orang peserta terbaik, yaitu YUYUN YUNIARSIH perwakilan Kemenag KBB pada jenjang SMK dan Sugiarto perwakilan dari Kemenag Kab. Indramayu pada jenjang SD. Kedua peserta tersebut akan menjadi duta Jabar dalam Apresiasi GPAI Tingkat Nasional yang proses penilaiannya mulai dilaksanakan dari tanggal 20 November 2015.(Aisyah Arifin)