MA Mathla’ul Anwar Sukaguna Dorong Pengembangan Potensi Peserta Didik

Sekolah/madrasah sejatinya menjadi tempat di mana minat dan bakat para peserta didik dapat difasilitasi dan berkembang sehingga ke depan mereka memiliki life skill serta diharapkan menjadi bekal nanti setelah mereka lulus dari sekolah. Itulah salah satu harapan yang tersirat pada diri seorang guru di Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah AliyahMathla’ul Anwar yang berlokasi di Kampung Sukaguna Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat bernama DadanSaepudin.

Sebagai guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Dadan Saepudin juga menjadi Pembina sekaligus pelatih kegiatan ektrakulikuler kaligrafi di MTs dan MA Mathla’ul Anwar. Buah dari kerja kerasnya dalam mendorong siswa di antaranya diraih oleh Deden Miftah Jalaludin Kelas XI Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar. Beberapa hari yang lalu, Deden Miftah Jalaludin meraih juara ke II cabang lomba kaligrafi tingkat SMA/MA/sederajat se-Bandung Raya dan Kota Cimahi pada kegiatan Festival Seni Islam yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Sumur Bandung (P3SB) Kecamatan Cililin pada hari Sabtu, 28 November 2015.

Selain dari itu, pekan yang lalu, Deden Miftah Jalaludin juga menjadi juara ke I Lomba Kaligrafi tingkat SMA/MA/sederajat se-Kabupaten Bandung Barat yang diselenggarakan oleh Panitia Pentas Seni Islami ke III OSIS MTs Muslimin Peusing Kecamatan Sindangkerta tanggal 15 November 2015. Selain dari Kaligrafi, juga MA Mathla’ul Anwar menjadi juara ke I lomba Marawis dan merebut piala bergilir Bupati Bandung barat sebagai juara umum dan Pembina terbaik. Menurut Dadan, Deden Miftah Jalaludin merupakan salah satu siswa yang memiliki multitalenta. Selain hoby belajar kaligrafi sejak belajar di MTs Mathla’ul Anwar juga pernah menjadi juara pada cabang lomba MIPA dan selalu menjadi juara kelas.

Dadan berharap, Deden Miftah Jalaludin bias menjadi inspirasi bagi para siswa lainnya untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Kemampuan itu baik dari segi akademik, seni, dan potensi lainnya. Karena, mereka nanti setelah lulus dari sekolah akan menghadapi kehidupan secara nyata, kehidupan yang kompetitif serta persaingan global karena Indonesia akan memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dengan memiliki life skill diharapkan mereka dapat bersaing secara positif.

M. Fauzi, S.Pd. selaku pembantu kepala madrasah bidang kesiswaan, sangat merespon terkait dengan kegiatan ektrakulikuler yang ada di MA Mathla’ul Anwar, apalagi dukungan dari Kepala MA Mathla’ul Anwar, Drs. H. O. Sodikin, M.Si. terhadap berbagai kegiatan ekstrakulikuler sangat baik. Fauzi berharap melalui kegiatan ektrakulikuler yang diselenggarakan di madrasahnya, dapat menumbuhkembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh para peserta didiknya.