Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Pengawas

Bertempat di Hotel Radiant, Lembang, Bidang Madrasah, Kanwil Kemenag Provinsi Jabar, menyelenggarakan Workshop Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Bagi Pengawas. Kegiatan workshop tersebut diikuti oleh 40 orang peserta yang seluruhnya  merupakan para Pengawas Madrasah dari beberapa Kabupaten/Kota se Jawa Barat, yaitu :  Kab. Bandung Barat, Kab. Ciamis, Kab. Bekasi, Kab. Karawang, Kab. Sumedang, Kab. Cirebon, Kab. Majalengka, Kab. Depok, Kab. Tasikmalaya, Kab. Kuningan, Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 24 – 27 November 2015. Adapun peserta yang diutus dari KBB adalah Drs. Dede Endang Ridwan, M.MPd dan Dian Nurdiana, SPd.I, M.Si.

Materi yang diberikan pada kegiatan workshop tersebut diantaranya menyangkut PTKp (Penelitian Tindakan Kepengawasan) dan sasaran Kinerja Pegawai dan Angka Kreditnya. Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut adalah  Dr. Subhan (dari BDK Bandung), Hj. Hindun Anwar,  dan Ahmad Siddik dari Subbag Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Jabar.

Menurut, Dian (Pengawas Madrasah dari KBB), materi yang disampaikan terkait KTI adalah sesuatu yang sebenarnya secara prinsip sudah dipahami oleh para peserta. Justeru yang terjadi debat menarik antar peserta dengan nara sumber, diantaranya adalah menyangkut tunjangan sertifikasi yang diterima oleh para pengawas. Harusnya, hemat nara sumber dari Subbag Ortala dan Kepegawaian, mengingat pengawas tidak melakukan kegiatan mengajar maka pengawas seharusnya tidak mendapatkan tunjangan sertifikasi seperti yang didapat para guru melainkan tunjangan kinerja.