Pembukaan dan Penutupan MTQ V Tingkat KBB Tahun 2015

”Kita senantiasa berharap al-Quran tidak sekedar dibaca tetapi juga difahami, dihayati, dan yang terpeting adalah bagaimana pesan-pesan yang terkandung didalamnya dapat diimplementasikan dalam hidup keseharian kita. Hanya dengan demikian, problematika moral yang sudah merasuki setiap aspek bidang kehidupan berbangsa, baik  sosial, politik, budaya dan maupun ekonomi ini akan teratasi,” tegas Kepala Kankemenag KBB, Drs. H. Asep Ismail, M.Si, saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan MTQ ke V Tingkat Kabupaten Bandung Barat (26/11) bertempat di Masjid Agung Ash-Shiddiq.

Acara Pembukaan MTQ itu sendiri dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati KBB, H Abubakar, serta dihadiri para SKPD, Wakil Ketua DPRD KBB, Kepala Kemenag KBB, Dandim, Kapolres Cimahi, Ketua MUI KBB, Ketua Aliansi Ormas Islam, Sekretaris LPTQ Jabar yang juga adalah Kabid Penamas pada Kanwil Kemenag Prov. Jabar, para Camat, Kepala KUA dan Penyuluh Agama se KBB serta tamu undangan lainnya.

Seusai dibacakan SK Dewan Hakim MTQ oleh Kasubbag TU Kemenag KBB, Drs. H. E. Nadzier Wiriadinata, M.MPd, yang juga merangkap sebagai Sekretaris Koordinator Dewan Hakim dan pembacaan SK Pengurus DKM Masjid Agung Ash-Shiddiq oleh Drs. H. Ayi Hanafiah, M.MPd ( Sekretaris MUI KBB), Bupati KBB selanjutnya melantik para dewan hakim MTQ dan  Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)

Kabid Penamas, Drs. H. Munadi, MM, dalam sambutannya menyampaikan pesan-pesan yang sangat informatif bagi hadirin yang hadir pada kesempatan tersebut, diantaranya terkait tentang rencana akan adanya Musabaqoh al-Hadits. Selain itu, yang sangat ditegaskan olehnya adalah agar KBB benar-benar harus bertumpu pada SDM yang dimilikinya saat mengikuti MTQ ditingkat provinsi. Menurutnya, modus ’nge-bon” peserta MTQ dari Kab/Kota tidak seharusnya dilakukan mengingaat SDM yang dimiliki KBB sangat potensial.

Kagiatan MTQ yang hanya diselenggarakan satu hari tersebut berjalan cukup meriah dan kompetitif. Hasil akhirnya adalah Kecamatan Ngamprah menjadi juara umum dan berhak mendapatkan piali bergilir dari Bupati KBB. Adapun acara penutupan MTQ itu sendiri dihadiri dan sekaligus ditutup oleh Wakil Bupati KBB, Drs. H. Yayat Turochmat Soemitra.