Alastair G Rodd Terkesan dengan Pembelajaran di MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala KBB

Rabu, (02/12/2015) Alastair G Rodd, RTI Home Office Manager mengunjungi MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala untuk meilhat proses pembelajaran yang dilaksanakan di MTs Al-Mukhtariyah Rajamandala didampingi Stuart Weston, COP USAID Prioritas , Veni DCOP USAID Prioritas, Erna Irnawati PC Usaid Prioritas Jawa Barat dan Asep Iryanto DC Usaid Prioritas Kabupaten Bandung Barat.

Kunjungan Alastair ke MTs Al-Mukhtariyah untuk melihat secara langsung dampak pelatihan dan pendampingan program USAID PRIORITAS. “Belajar IPA, Matematika dan IPS dengan praktik membuat siswa lebih senang dan termotivasi. Ketekunan siswa dalam melakukan percobaan sains menunjukkan kemajuan yang menggembirakan,” ujar Alastair.

Alastair berbaur dengan siswa kelas 8K yang sedang mencoba membuat alat bantu pernapasan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana diantaranya dua buah bekas botol air mineral, isolasi, kain handuk yang sudah dibasahi dan kapas. Dikelas yang lain Alastair mendapati siswa sedang membuat dongrak hidrolik sederhana untuk mata pelajaran IPA, Pembelajaran tentang peluang menggunakan kartu Domino untuk pembelajaran Matematika dan mendapati siswa sedang presentasi mengenai Mata Uang untuk mata pelajaran IPS. Setelah selesai berkunjung ke beberapa kelas kemudian Alastair beserta rombongan melihat tanaman hidroponik sekolah dilanjutkan masuk ke ruang pertemuan untuk kegiatan diskusi.

H. Agus Mulyadi, Kepala Seksi Madrasah, mengatakan bahwa Usaid Prioritas sudah bisa memberikan perubahan yang signifikan bagi sekolah-sekolah Mitra Usaid Prioritas di Kabupaten Bandung Barat baik pembelajaran maupun Manajemen Sekolahnya. MTs Al-Mukhtariyah adalah salah satu contoh sekolah mitra yang mengalami perubahan yang sangat pesat. Melihat perkembangan yang baik di sekolah mitra, H. Agus Mulyadi berharap hal ini juga bisa terjadi di semua sekolah yang ada di Bandung Barat bukan hanya sekolah mitra saja yang berubah. Kedepan Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat akan melakukan diseminasi bagi sekolah non mitra. Karena Program ini sangat bagus dan dampaknya terlihat, H. Agus berharap program ini tidak berhenti di tahun 2017 namun  diperpanjang untuk 5 tahun selanjutnya. Hal ini juga disampaikan oleh beberapa guru dan juga Kepala MTs Al-Mukhtariyah H. Ayi hanafiah pada saat diskusi.

KH. Ayi Hanafiah, (Kepala MTs Al-Mukhtariyah), dalam sambutannya juga menambahkan ; selain para guru ‘terutama yang 5 mata pelajaran' yang mendapat berbagai pelatihan melalui modul-modul pembelajaran dari USAID Prioritas, manajemen madrasah dan guru-guru tersebut mendapat pendampingan dari fasilitator. Baik fasilitator pembelajaran maupun fasilitator MBS. Untuk itu kepala MTs menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para fasilitator USAID yang diantaranya guru di MTs Al-Mukhtariyah (Ruba Nurzaman) dan Dede Endang Ridwan (Pengawas Kemenag KBB). (Ruba-der_Pokjawas KBB)