Kegiatan HAB ke 70 Kementerian Agama Tingkat Korcam Cipatat dan Saguling, Bandung Barat

Berangkat dari gagasan beberapa guru Madrasah dan RA yang ada di lingkungan Kecamatan Cipatat dan Saguling yang berkeinginan untuk mengadakan kegiatan dalam rangka Hari Jadi Kemenag atau yang biasa disebut dengan HAB (Hari Amal Bakti) Kementerian Agama yang ke 70 yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2016, seluruh personil guru baik yang berada dilingkungan Madrasah atau RA akhirnya bersepakat untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.

Adapun kegiatan HAB tahun ini diselenggarakan beberapa jenis lomba diantaranya Lomba Gerak Jalan Santai Lintas Alam, Lomba Nasi Tumpeng dan Lomba Karaoke. Pelaksanaan Kegiatan HAB tersebut dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Ciranji Desa Mandalasari Kecamatan Cipatat Bandung Barat. Diawali dengan Upacara HAB ke 70 dan diikuti oleh seluruh guru dari MI dan RA se Cipatat dan Saguling yang terdiri dari 19 MI dan 29 RA dengan jumlah guru kurang lebih sekitar 270 orang.  Upacara berlangsung dengan khidmat dengan Pemimpin Upacara Pengawas Madrasah Kecamatan Cipatat Saguling, H. Adang Supriatna, S.Pd. MM. Selepas upacara, acara  dilanjutkan dengan Gerak Jalan Santai yang menyusuri alam sekitar Ciranji dengan jarak tempuh sekitar 4 Km. masing-masing peserta berjalan melintasi jalur yang sudah ditentukan panitia dan harus  melewati 4 pos. Setelah selesai mengikuti gerak jalan acara dilanjutkan dengan lomba karaoke dan lomba tumpeng dengan tempat pelaksanaaan di halaman MI Khoerul Huda Ciranji.

Dalam acara tersebut keluar sebagai Juara favorit lomba gerak jalan adalah MI Annur Kecamatan Cipatat sebagai favorit kesatu diikuti oleh RA Assyifa Cipatat dan MI YDPI Cipatat. Dalam acara lomba tumpeng keluar sebagai pemenang kesatu adalah RA Cipatat, kedua MI Cipatat  dan ketiga RA Saguling. Sedangkan pada lomba karaoke keluar sebagai pemenang kesatu adalah  Enung Nurhayati dari MI Khoerul Huda Kecamatan Cipatat, pemenang kedua Lisnawati  dari MI Cireundeu, dan pemenang ketiga Trini dari MI Attaqwa Cipatat.

Para pemenang lomba tersebut mendapat piala dari panitia. Selain piala untuk para pemenang juga disediakan hadiah hiburan kepada para peserta  berupa doorprize dari sponsor yaitu Bank BRI Bandung Asia Afrika  dan Semen Bima. Bank BRI Bandung AA  memberikan doorprize dan juga pemberian buku kepada beberapa sekolah.  Semen Bima  memberikan doorprize berupa payung, kaos juga memberikan voucer belanja kepada 3 orang masing-masing Rp. 100.000,-.

Acara HAB ke 70 Kecamatan Cipatat dan Saguling ini dihadiri oleh Bapak Kepala Seksi Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat  yang didampingi oleh bapak Ketua Yayasan Al-Mukhtariyah Rajamandala. Dalam sambutannya Bapak Kasi Madrasah KBB mengapresiasi kegiatan ini yang berjalan dengan sukses dan mudah-mudahan dapat diikuti oleh kecamatan lain di KBB. Secara keseluruhan acara berjalan dengan lancar walaupun baru pertama kali diadakan.