USAID PRIORITAS MELAKSANAKAN PELATIHAN PUTARAN TIGA UNTUK KELAS AWAL Di KBB

Bertempat di Hotel Masion Pine, Kotabaru Parahyangan, Bandung Barat, USAID PRIOROTAS melaksanakan Kegiatan Pelatihan Putaran Ketiga Untuk Kelas Awal tanggal 10-12 Februari 2016. Hadir pada kesempatan tersebut  perwakilan dari USAID Prioritas Tingkat Provinsi, Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dan fasilitator . Adapun peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut adalah para guru kelas 1 - 3 pada SD/ Madrasah sasaran yaitu MI Syamsuddin dan MI Alhikmah dari kecamatan Cipatat,  MI Sukaguna dan MI Tembongsari dari kecamatan Cihampelas Kab.Bandung Barat. . Sedangkan guru Madrash  yang menjadi  salah satu fasilitator  pada kegian ini  yaitu Muhamad Syarip Hidayatuloh S.Pd.I Guru kelas III pada MI Tembongsari.

Menurut Seno M.Daud S.Pd.I, Perwakilan dari USAID Prioritas Tingkat Propinsi Jawa Barat,  Bandung Barat akan dijadikan daerah percontohan literasi. Selain itu,   dan USAID PRIORITAS juga memberikan bantuan buku sekitar 16 paket atau 600  eksemplar kepada SD /madrasah sasaran  agar para guru harus membiasakan siswa  membaca.  Bantuan buku  juga akan diberikan kepada madrasah  / SD yang akan menjadi mitra baru dalam program B3 ( Buku Bacaan Berjenjang ).

Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam sambutannya mengharapkan agar guru-guru yang dilatih saat ini  dapat menerapkan strategi membaca  untuk kelas bawah  serta  menjalin komunikasi yang baik dengan sesama anggota mitra USAID untuk saling melengkapi kekurangan

Materi yang dibahas dalam Unit 1 adalah program membaca  berimbang . Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membaca berimbang yaitu :1.Strategi pembelajaran.2.pemilihan bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan 3. Guru yang Responsif.

Program membaca berimbang dirancang untuk strategi membaca bersama,membaca terbimbing dan membaca mandiri, kegiatan ini  di praktikan langsung oleh guru-guru ,kepala sekolah serta pengawas yang menjadi peserta baik dari kemenag ataupun dari dinas pendidikan. ( kulsum.nurdin @gmail.com)