PENTAS PAI SEBAGAI AJANG KREATIVITAS SISWA SMP GUGUS 1 : “BERILMU, BERAKHLAK DAN BERPRESTASI

Bertempat di SMPN 1 Parongpong Kabupaten Bandung Barat digelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam ( Pentas PAI) siswa SMP di wilayah gugus 1 yang terdiri dari SMP kecamatan Cisarua, Parongpong dan Lembang. Seleksi Pentas PAI tingkat gugus 1 ini melombakan 6 mata lomba, yaitu MTQ, MHQ, Kaligrafi, pidato,  Cerdas Cermat dan Olimpiade PAI (12/3).

Dalam laporannya ketua panitia Pentas PAI tingkat gugus 1, Ma’mun Nawawi, S.Ag, M.Pd mengatakan bahwa kegiatan lomba ini sebagai wahana kompetensi siswa sekolah umum dalam hal keterampilan dan seni pendidikan agama Islam dan sebagai ajang silaturahmi antar sekolah di wilayah gugus 1. Lomba Pentas PAI tersebut diikuti oleh 25 SMP di wilayah gugus 1. Ada peningkatan yang cukup baik dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh 18 SMP,. Hal tersebut karena kerja keras dari seluruh GPAI di wilayah gugus 1 yang bertekad mensukseskan Pentas PAI ini.

Sementara itu dari Pengawas PAI gugus 1 menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai ajang untuk mengembangkan potensi peserta didik pada bidang-bidang tersebut sebagai instrument untuk mengukur kompetensi peserta didik dan mutu PAI pada sekolah. Hal ini sesuai dengan 5 budaya kerja yang sedang digalakkan oleh Kementerian Agama.

Sementara dari ketua MKKS gugus 1, bapak Drs. H. Nurdin, M.M.Pd menjelaskan bahwa di gugus1 ada 32 SMPN dan SMP Swasta, dan masih ada beberapa sekolah yang belum memiliki GPAi. Menurut ketua MKKS gugus 1 bahwa peran GPAI sangat strategis karena pendidikan agama merupakan pondasi/ dasar. PAI tidak hanya sekedar teori tapi juga harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan syiar Islam yang terus menerus harus dikembangkan. (Nida Sufiyati, Pengawas PAI)