Pro DEP Menyelenggarakan Uji Publik KS/M Pembelajar Moda Daring

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang didukung oleh Australia’s Education Partnership with Indonesia (AEPI),akan mengimplementasikan Program pembelajaran online bagi Kepala Sekolah/Madrasah melalui Program ProDEP (Professional Development for Education Personnel).

Sebagai tindak lanjut, Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen dan AEPI melakukan kegiatan uji coba system e-PKB bagi KS/PS pada program ProDEP yang berlangsung tanggal 29-31 Maret 2016 bertempat di Hotel The 101 Darmawangsa, Jakarta. Kegiatan ini melibatkan Para Pengawas, Kepala Sekolah/Madrasah sebagai peserta sejumlah 35 orang.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adanya berbagai saran dan masukan terhadap konten dan sistem KS/M Pembelajar Daring (dalam jaringan), -istilah baru sebagai pengganti e-PKB.

Anis Muktiani, dari Pusbang Guru dan Tenaga Kependidikan, menyampaikan pada arahannya sebelum membuka kegiatan ini ; bahwa Peningkatan kompetensi melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutkan (PKB), sangat diperlukan dan harus didukung oleh seluruh civitas yang terlibat dalam pendidikan terutama dari para pendidik itu sendiri dengan sepenuh hati dapat membelanjakan sebagian dari tunjangan profesi yang didapat untuk kegiatan peningkatan kompetensinya dan melakukan penembangan kompetensi dengan BSH (belajar sepanjang hayat), selanjutnya disaampaikan juga bahwa nilai kompetensi melalui kegiatan UK-Guru selema ini harus jadi pemicu untuk menemukan obat yang sesuai untuk mengubah berbagai kompetensi yang masih kurang.

Selanjutnya, Pa Zainal, sebagai salah seorang panitia penyelenggara menyampaikan bahwa modul-modul yang diujipublikkan pada kegiatan KS/M Pembelajar moda Daring kali ini terdiri dari 7 BPU (Bahan Pembelajaran Utama), yakni :

  1. Kepemimpinan dalam Pengelolaan Sumber Daya Sekolah (SDS)
  2. Peningkatan Kualitas Pembelajaran (PKP)
  3. Monitoring dan Evaluasi (Monev)
  4. Pengembangan Supervisi Akademik (PSA)
  5. Kepemimpinan dalam Pengelolaan Sistem Administrasi Sekolah (KAPAS)
  6. Kewirausahaaan (KWU)
  7. Perencanaan dan Pengembangan Sekolah (PPS)

DR. Een, sebagai peserta yang mewakili pengawas dari Kabupaten Bandung Barat, menyampaikan rasa kebanggaannya terlibat dalam kegiatan ini  karena sangat membantu tugas pokok keseharian sebagai pembina di madrasah, dan berharap bisa diseminasi sesama pengawas madrasah di lingkungan kemenag KBB demi kamajuan dan peningkatan mutu madrasah secara umum. (der)