Manasik Haji terakhir Tahun 2014 TK. Kab. Bandung Barat

Kab. Bandung Barat

Manasik Haji yang terakhir dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kab. Bandung Barat pada Tanggal 25 Agustus 2014 di Mesjid Ponpes Riyadlul Huda Kec. Ngamprah Kab. Bandung Barat, dibuka oleh Kasubbag TU Kab. Bandung Barat H. E. Nadzier Wiriadinata, MM.Pd. Beliau mengatakan pelatihan Manasik Haji ini mempunyai makna yang cukup penting untuk lebih meningkatkan pemahaman dalam pelaksanaan ibadah Haji. Disamping itu, pelaksanaan manasik merupakan tanggung jawab dan upaya pemerintah meningkatkan pelayanan urusan Haji dan penyempurnaan pelaksanaan ibadah Haji dengan berbekal pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah Haji baik yang bersifat teori maupun praktik.

Banyak masyarakat di luar mampu secara finansial, namun tidak diberikan kesempatan, dan memperoleh hidayah dan kemauan untuk menunaikan rukun Islam Ke lima tersebut. Kasubbag TU Kab. Bandung Barat mengingatkan para calon Haji untuk meluruskan niat berhaji hanya untuk ibadah kepada Allah SWT, tidak takabur, berniaga maupun berwisata.

Pembicara dari Dinas Kesehatan juga berpesan agar para calon haji mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin, dan menghimbau kepada yang belum di vaksin agar segera melakukan vaksin serta menganjurkan agar mengkonsumsi air mineral sebanyak-banyaknya, terutama usia 50 tahun keatas karena sebagaimana diketahui ibadah Haji merupakan rangkaian ibadah yang berat. Ibadah ini merupakan kesempurnaan keislaman seseorang, karena rangkaian prosesi ibadahnya pun sangat menguras energi, katanya.

Kasubbag TU Kab. Bandung Barat di akhir acara memperkenalkan para petugas Haji yang akan mendampingi para calon jemaah Haji Kab. Bandung Barat, supaya para calon jemaah haji dapat mengetahui para petugas yang akan mendampingi dan dapat meminta bantuan seputar ibadah Haji di tanah suci nantinya.

Kontributor: Arif Kurniawan