RAKER KKM 08 “NGAJAR” : TINGKATKAN SINERGITAS STAKE HOLDER PENDIDIKAN

 

Cisarua, 29/07

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan tanggungjawab dan sinergitas seluruh stake holder di dalamnya.Hal inidiperlukan agar kualitas pendidikan yang diterapkan dapat sesuai dengan harapan dan mampu menjawab tantangan zaman yang semakin kompleks.

H. Ali Mursyid, Ketua KKM Bandung Barat mengemukakan hal Ini saat membuka acara Rapat Kerja Pengurus KKM 08 Ngajar pada hariSabtu (29/07) lalu.

Rapat kerja yang merupakan agenda tahunan Pengurus KKM Batujajar dan Ngamprah ini adalah realisasi amanah AD/ART organisasi dalam rangka merumuskan dan menyatukan beragam aspirasi yang muncul dalam menghadapi tahun pelajaran baru 2017/2018 ini.

Kegiatanyang dihadiri oleh para Kepala Madrasah Tsanawiyah di wilayah Ngamprah dan Batujajar ini diselenggarakan di Natural Hill, Kecamatan Cisarua. Sebuah tempat wisata perkemahan pendidikan.

Ketua KKM Bandung Barat juga mengajak para ponggawa pendidikan di madrasah ini untuk kembali merenungkan nilai-nilai yang tersirat dalam Hymne Madrasah yang disenandungkan bersama saat pembukaan acara.

“Mari kita renungkan kembali apa yang barusaja kita senandungkan berupa Hymne Madrasah terutama bait tentang ‘amanah pendidikan’ yang sedangkit ajalankan. Amanah ini tentu sajademikian berat dan tidakmudah. Tapisayayakin, bahwa hal ini bukan hal yang mustahil jika kita bersinergi bersama untuk menghadapi beragam tantangan yang muncul kedepannya..”ungkapnya.

Lebih jauh Mursyid berharap bahwa raker yang mengambil tema : ‘Optimalisasi peran KKM dalam mewujudkan Madrasah Unggul dan Berdayasaing Global’ inidapatter dengar gaungnya serta menjadi contoh bagi KKM lain dalam mengukir beragam prestasi yang membanggakan sampai tingkat Nasional.

Yang juga diakui Mursyid, bahwa keberhasilan KKM 08 Ngajar tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari kedua Pengawas Pembinanya yang senantiasa memberikan arahan dan bimbingan yang diperlukan Dian Nurdiana, dan Dede Endang Ridwan.

Kedua pengawas ini, lanjut Mursyid yang juga Kepala MTs.Negeri Rongga ini, merupakan pengawas yang energik dengan visi dan semangat yang besar untuk memajukan pendidikan madrasah.

Dalam sambutannya, Pengawas wilayah Ngamprah menyambut baik acara yang bertujuan untuk menggali beragama inspirasi anggota dan meminta agar raker ini mampu memunculkan program kerjayang menjadi arah dan tujuan KKM 08 Ngajar dalam tahun pelajaran baru ini.

“Yang juga perlu diperhatikan dalam upaya kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah adalah bahwa segala daya upaya yang sedang dan akan kita lakukan tetap dilandasi rasa syukur kita kepada Allah SWT,” jelasnya.

“Kita telah dihidupkan oleh Allah sebagai manusia, padahal tidak semua makhluk diberi kesempatan menjadi manusia. Kemudian dilahirkan di Indonesia yang mayoritas Islam, bayangkan kalau kita dilahirkan di China, di Inggris, atau di Amerika sekalipun, belum tentu kita mengenal Islam, apalagi menganutnya,” imbuhnya.

“Dan ternyata kita dilahirkan di Jawa Barat, kenapa tidak di Bali atau di Papua yang belum tentu mengenal Islam. Kemudian dikenalkan dengan Kementerian Agama, kemudian ditakdirkan untuk mengajar di Madrasah. Apalagi sebagian di antara kita kemudian ditakdirkan Allah untuk mengajar Akidah-Akhlak, Qur’an-Hadits, dsb. Bukankah ini beragam anugerah dan kesempatan yang sangat luar biasa? Lalu mengapa kita masih juga belum mau bersyukur?” tambahnya.

 Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

“Karenaitu, mari kita sama-sama renungkan dan buktikan bahwa apapun yang kita lakukan saatini di madrasah adalah benar-benar sebagai tanda syukur kita kepada Allah SWT atas limpahan karunia dan beragam kenikmatannya,” ajaknya seraya menutup pembicaraan.

Sementara pengawas wilayah Batujajar, Dede Endang Ridwan, lebih meminta agar KKM senantiasa menjadi wadah aspirasi sekaligus sarana mencari solusi beragam permasalahan yang terjadi dalam tubuh para anggotanya.

“Kita telah membuktikan pada dunia Jawa Barat khususnya, bahwa kita termasuk Madrasah yang patut diperhitungkan. Dan ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. Tantangan kedepan bukan lagi hal yang mudah,  dan karena itu kita harus tetap bekerjasama dalam segalahal.  Kita bisa berhasil dan meraih prestasi karena kita satu visi dan melangkah maju bersama dan ini harus tetap menjadi semangat kita, visi kita untuk terus melangkah meraih keberhasilan” ungkapnya.**dinur**