PENYULUH AGAMA KBB KEMBALI MENJADI FINALIS PENYULUH TELADAN TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT TAHUN 2017

Kemenag Kabupaten Bandung Barat  kembali menempatkan finalis pada ajang Pemilihan Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 dengan menyisihkan peserta  Kabupaten/Kota lainnya. Kali ini yang menjadi finalis adalah Dra. Hj. Rosnida, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Lembang. Kegiatan ajang tersebut diselenggarakan oleh Bidang Penamas Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat dengan mengambil tempat di Hotel Novolis Bandung pada tanggal 7-9 Agustus 2017.  

               Dari 27 Peserta penyuluh teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Dra Rosnida menjadi finalis dari perwakilan Kabupaten Bandung Barat dengan menyampaikan program unggulan yang di tuangkan dalam karya tulis “ Peran Penyuluh Agama Islam dalam Menanggulangi Dampak Pariwisata terhadap Kehidupan Keagamaan Masyaraklat Lembang ( Upaya mewujudkan Destinasi Wisata Halal di Kecamatan Lembang kabupaten Bandung Barat). Pemilihan programn unggulan tersebut didasari oleh kondisi riil dikawasan Kecamatan Lembang yang merupakan lokasi berdirinya beragam obyek wisata dan berbagai Fasiliats Pariwisata. Sebagai destinasi wisata favorit warga Jawa Barat maupun luar  provinsi Jabar, Lembang menjadi tujuan wisatawan terutama waktu libur weekend atau Libur Panjang.

               Pariwisata diwilayah Lembang membawa dampak terhadap kehidupan masyarakat,  dampak positif maupun negatif. Dampak Positif dari  adanya Pariwisata adalah pada aspek perekonomian, seperti lapangan pekerjaan, pendapatan masyarakat, harga tanah yang mahal, hunian yang banyak serta peluang usaha lainnya. Namun dampak negatif yang ditimbukan juga banyak, salah satunya adalah dampak terhadap kehidupan  keagamaan masyarakat Lembang. Peran penyuluh dalam konteks penaggulangan dampak pariwisata terutama dampak kepada kehidupan keagamaan, sebagai tupoksi dari penyuluh, adalah berupaya mengembalikan nilai-nilai keagamaan masyarakat yang mulai terabaikan. Diharapkan dari upaya tersebut akan terwujud wisata halal di kawasan kecamatan lembang, wisata halal merupakan wujud pariwisata yang membawa nilai postif yang cukup besar bagi kehidupan keagamaan masyarakat

               Rosnida yang sudah lebih dari 20 tahun bertugas di kecamatan Lembang, memahami betul kondisi masyrakat sebelum adanya pariwisata dan sesudah ada pariwisata. Karenanya, peran dan usahanya untuk meningkatkan kembali kondisi keagamaan masyarakat telah membuahkan hasil. Presentasi karya tulis program unggulannya telah mengantarkan Drs Rosnida Penyuluh Kabupaten Bandung Barat telah membawanya menjadi pemenang Harapan 2 pada ajang Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2017 .

Kalau diperhatikan secara seksama 5 tahun belakangan ini, peserta penyuluh teladan utusan  Kabupaten  Bandung Barat selalu masuk pada urutan 10 Besar pada setiap ajang Penyuluh Teladan Tingkat provisnsi Jawa Barat.

Selamat kepada Hj. Rosnida yang sudah berjuang dalam Pelaksanaan Seleksi Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017. , Semoga Tahun depan Bandung Barat dapat meraih juara pertama pada pelaksanaan Seleksi Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan program unggulan yang sesuai dengan kondisi diwilayah kecamatan di Bandung Barat, sehingga program unggulan ini menjadi binaan khusus para Penyuluh dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepenyuluhan dalam upaya mewujudkan masyarakat Bandung Barat yang beriman dan bertakwa. Aaminn (maman.abd/mara)