KSM dan AKSIOMA Tk KKM MTsN Rongga

Penyelenggaraan Kompetisi Sains Madrasah dan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (KSM dan Aksioma) Tingkat KKM MTsN Rongga, menurut Kasubbag TU Drs. H.E Nadzier Wiriadinata, M.M.Pd, merupakan ajang atau media bagi para pendidik untuk membangun jiwa kompetitif pada diri siswa madrasah dalam aspek pengetahuan, seni dan olah raga.  Ajang tersebut juga bisa dijadikan media untuk mengukur daya serap anak didik terhadap materi pelajaran yang diperoleh di kelas. Karenanya, diharapkan dari ajang ini lahir peserta-peserta berkualitas untuk menjadi duta Kab. Bandung Barat pada ajang KSM dan AKSIOMA tingkat provinsi dan tingkat nasional. Demikian beberapa hal yang disampaikannya pada saat pembukaan KSM dan Aksioma di MTsN Rongga Kec. Cihampelas Kab. Bandung Barat, Kamis (15/01) Pagi.

Peserta yang terlibat dalam ajang tersebut sebanyak 802 orang se-KKM MTsN Rongga. Cabang yang dipertandingkan dalam AKSIOMA diantaranya atletik, tenis meja dan bulutangkis. Sedangkan bidang seni yang akan dilombakan di antaranya adalah kaligrafi, MTQ, pidato Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta Qasidah. Sementara bidang yang dilombakan dalam KSM adalah Matematika, Fisika, Biologi, dan Pendidikan Agama Islam.
“KSM dan Aksioma Tahun 2015 kali ini diharapkan menjadi wadah pola pikir untuk menumbuhkan madrasah yang berprestasi, dan menjadikan madrasah lebih berkembang,” ungkapnya. “Saat ini madrasah tidak lagi dianggap sebagai pelengkap pendidikan nasional, tapi merupakan bagian penting dari pendidikan nasional dan madrasah mempunyai nilai plus. Madrasah tak hanya bisa mencetak orang yang bisa mengaji, tapi juga kader-kader cendekiawan yang berkarakter serta profesional. Dengan perpaduan antara Iman, ilmu dan amal, merupakan nilai lebih dari madrasah,” sambungnya.

“Kini saatnya bagi madrasah untuk membuktikan bahwa lembaga berbasis Islam ini bisa lebih baik lagi. Apapun bisa kita raih dengan bermodalkan keimanan dan ketekunan, serta kekuatan doa. Majulah siswa madrasah dengan semangat tinggi agar kalian bisa menjadi yang terbaik,” urainya.

Senada dengan Kasubbag TU,  Kepala MTsN Rongga, Drs. Saefuddin, pun berharap dalam ajang KSM dan AKSIOMA yang diselenggarakan oleh KKM MtsN Rongga ini akan mampu melahirkan peserta-peserta yang bisa bersaing dengan peserta-peserta lainnya dan membawa nama harum Kab Bandung Barat pada KSM dan AKSIOMA tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Yang tidak kalah pentingnya, menurut Kepala MtsN Rongga yang berjiwa Kyai ini, KSM dan AKSIOMA merupakan ajang silaturahim antar siswa madrasah dan juga antar para gurunya. Arif