Pembinaan Bidang Urais dan Pembinaan syariah Tahun 2015

Dalam rangka peningkatkan kinerja maka Kementerian Agama Kab. Bandung Barat khususnya Bagian Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam mengadakan pembinaan untuk para Kepala KUA, Penghulu dan Penyuluh se- Kab. Bandung Barat di Aula Kantor Kemenag Kab. Bandung Barat (03/03). Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kemenag Kab. Bandung Barat Drs. H. Asep Ismail, M.Si, dalam sambutannya beliau memberikan arahan bahwa saat ini kita di tuntut untuk bekerja profesional dan sesuai dengan peraturan yang ada, tidak boleh melenceng dari aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Kita bekerja sudah dibayar oleh negara, maka kita bekerja ikhlas untuk melayani masyarakat. Tonjolkan 5 nilai budaya kerja Kemenag. Tingkatkan integritas, moral pegawai dan keteladanan kita ditengah-tengah masyarakat serta selalu bertanggungjawab dalam semua pekerjaan sesuai dengan standar kinerja pegawai (SKP). Oleh Karena itu melalui Pembinaan ini diharapkan agar dapat merubah main set  para Kepala KUA agar bekerja sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan dan supaya pemberitaan yang miring mengenai KUA dapat pulih kembali di mata masyarakat, ungkapnya.

Pembinaan ini menghadirkan Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan pembinaan Syariah Kanwil Jabar Drs. H. ALDIM, M.Si. Beliau memberikan arahan kepada para peserta supaya bekerja sesuai aturan yang ada dan hindari pekerjaan yang tidak sesuai tupoksi. Kepada para kepala KUA dan pegawainya, inventarisir infrastruktur Kantor KUA masing-masing, kebutuhan/kelayakan sarana prasarana untuk dievaluasi menjadi proposal bantuan ke tingkat Pusat. Data kualitas SDM KUA, rekap sarana ibadah di kecamatan: berapa jumlah Mesjid, mushola, khotib, ustad dll. Lakukan sosialisasi alur pernikahan dengan pamplet atau baner di KUA masing. Berikan pengarahan kepada para P3N kerjakan dan terima masyarakat yang hendak menikah jika telah memenuhi persyaratan serta perjuangkan honor untuk P3N dengan menjalin koordinasi atau presentasi program yang lain-lainnya di hadapan DPRD dan Pemerintah setempat. Untuk segi pelayanan kita harus melayani masyarakat / tamu yang datang di KUA dengan penuh santun dan bersahaja dan layani masyarakat media dengan persuasif & edukatif untuk bisa duduk bersama membangun serta mensosialisasikan program Kemenag. Arif