Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Se-KKM MAN Cillin

Pada hari, Selasa tanggal 28 April 2015 telah dilaksanakan kegiatan Kompetisi Sains Madrsah (KSM) tahun 2015 se-KKM MAN Cililin yang bertempat di MAN Cililin dengan diikuti oleh 33 Madrasah ( 1 MA negeri dan 32 MA swasta  ) dengan jumlah peserta sebanyak 171 siswa.
Kompetisi siswa Madrasah atau yang kemudian disingkat KSM merupakan wadah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains pada Madrasah, melalui ajang ini diharapkan dapat membangun kemampuan bagi madrasah di tanah air dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Kompetisi yang diharapkan mampu memupuk motivasi siswa Madrasah untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ini merupakan agenda Tahunan Direktorat Madrasah yang mulai dilaksanakan sejak Tahun 2012.
Menurut Kasubbag TU Kemenag Kab. Bandung Barat Drs. H.E. Nadzier Wiriadinata, M.M.Pd, Hidup ini penuh dengan persaingan. Hanya mereka lah yang siap menghadapi persaingan yang akan survive atau berhasil. KSM adalah salah satu bentuk persaingan yang harus di jalani oleh para peserta untuk meraih posisi terbaik. Yang terbaik inilah yang akan menjadi duta dari kabupaten bandung barat di provinsi. Kita semua berharap bahwa pada ajang KSM tingkat Nasional ada duta- duta dari Kab. Bandung Barat. Dengan kata lain Kab. Bandung Barat bisa berkibar level nasional.
Adapun mata pelajaran yang dilombakan sebanyak enam mata pelajaran yaitu, ekonomi, geografi, matematika, fisika, kimia dan biologi.
Berikut rincian peserta yang mengikuti KSM 2015 tingkat KKM MAN Cililin Bandung Barat. Arif
Ekonomi      = 31 peserta
Geografi       = 31 peserta
Matematika  = 32 peserta
Fisika          = 25 peserta
Kimia           = 26 peserta
Biologi         = 26 peserta